Semester 3
1. Interaksi Manusia dan Komputer :
Mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan
mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan
oleh manusia dengan mudah. Materi yang diberikan, yaitu Proses Perancangan dan
pengujian, piranti interaksi, alat bantu perangkat lunak, dan visualisasi. Pada
kuliah ini kami juga di beri project untuk membuat web yang semenarik mungkin
dan interaktif, kelompok saya membuat web jual beli bernama “Cupcake Ucok”.
2. Keamanan Komputer dan Pemulihaan Bencana :
Mata kuliah ini mempelajari cara bagaimana mengamankan komputer
dari serangan fisik maupun serangan perangkat lunak serta dapat memulihkannya
setelah kerusakan terjadi. Materi yang diajarkan, yaitu Physical beometri and
biometrics, cyber law, cyber law and crime, sistem operasi, virus and other
wild life, keamanan sistem informasi, cryptography, computer forensic, etika,
kejahatan dan privasi komputer, disaster recovery plan, algoritma kriptografi.
3. Pemrograman Berorientasi Objek :
Lanjutan dari kuliah pemrograman di kuliah sebelumnya akan
tetapi ke tingkat yang lebih lanjut dan menggunakan bahasa pemrograman java.
Untuk mata kuliah ini dibekalkan buku tebal oleh dosen yang berisi contoh dari
pemrograman java.
4. Pemrograman Basis Data
Satu lagi mata kuliah bertema pemrograman pada semester ini.
Pada pemrograman basis data tidak hanya mempelajari bagaimana membuat basis
data dan mengolahnya tetapi juga menghubungkan basis data yang ada pada sebuah
web dengan framework codeigniter.
5. Pemrograman Web
Mata kuliah tentang pemrograman lagi di semester ini, mata
kuliah ini membahas bagaimana membuat web dengan bahasa HTML. Pada akhir
perkuliahan ini mahasiswa diberikan projek untuk membuat web sebagus dan
semenarik mungkin dengan tambahan javascript dan jquery. Agak keteter juga
dalam mengerjakan projeknya akan tetapi dari semua mata kuliah pemrograman
semester ini menurut saya pemrograman
web lah yang paling mudah dipahami.
6. Protokol Peruteran :
Membahas tentang konsep dasar routing dan komponen-komponen
router, routing statik, routing dinamis, routing protocol distance vector,
karakteristik routing protocol RIPv1, CIDR, routing protocol RIPv2, bagaimana
router mencari informasi dalam routing table, routing protocol EIGRP, routing
protocol link state, routing protocol OSPF. Pada kuliah ini juga ada praktek di
lab namun sebelum melakukan praktek dilakukan simulasi dengan aplikasi packet
tracer. Ada kendala saat melakukan prakteknya seperti kabel serial yang tidak
terdetek pada laptop, akan tetapi dapat diatasi dengan menginstal driver serial
pada laptop.
7. Sistem Informasi Manajemen
Membahas tentang dasar-dasar sistem operasi pada komputer,
bagaimana sistem operasi pada komputer itu bekerja dan tahapan- tahapannya.
Materi yang dipelajari adalah mengapa mempelajari OS, sejarah OS, struktur
sistem komputer, struktur sistem operasi, manajemen proses, penjadwalan proses,
sinkronisasi dan deadlock. Materi yang diberikan, yaitu konsep sistem, metodologi siklus hidup sistem, database
manajemen sistem,dll.
8. Sistem Operasi
Mata kuliah ini membahas tentang apa itu sistem operasi,
sejarah sistem operasi, struktur sistem operasi, manajemen proses, penjadwalan
proses, sinkronisasi dan deadlock serta berbagai algoritma dalam sistem
operasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar